Unsika Genjot Pelatihan Digital,
Kejar Kompetensi & Peluang Usaha
 

 Karawang, (HUMAS-UNSIKA).

              Ratusan mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) dari berbagai program studi mengikuti Pelatihan Digital Dasar Batch 8, yang berlangsung di Auditorium Lantai 4 Gedung H. Opon Sopandji, Jl. HS. Ronggowaluyo, Telukjambe Timur, Karawang. Pelatihan digital yang dilaksanakan selama dua hari berurut-turut, dimulai hari Selasa-Rabu (20-21/08/2024). Kegiatan pelatihan ini, setiap harinya dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB, atau setara dengan 13 jam pelajaran.

Ratusan mahasiswa dari 33 program studi yang berada di Unsika, antusias menjadi peserta Pelatihan Digital Dasar Batch 8, yang dilaksanakan selama dua hari, Selasa-Rabu (20-21/-9-2024), berlangsung di Auditorium Lantai 4 Gedung H. Opon Sopandji, Unsika, Jl. HS. Ronggowaluyo, Telukjambe Timur, Karawang, Selasa (20/08/2024). Pelatihan tersebut, diharapkan mampu menciptakan kompetensi di bidang literasi digital dan kemahiran pada bidang teknologi informasi. (Foto: Humas-Unsika).

              Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. H. Amirudin, M.Pd.I, menyebutkan kegiatan pelatihan tersebut merupakan tindak lanjut dari terwujudnya program kolaborasi antara Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPPI), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kominfo, dengan Unsika, yang sudah dirintis sejak beberapa bulan lalu.

              Dr. H. Amirudin, M.Pd.I menyebutkan bahwa kemitraan yang dibangun Kominfo menjadi sangat penting untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sekaligus untuk menanamkan semangat kewirausahaan (enterpreneurship).

“Para mahasiswa nantinya diharapkan punya daya saing, tidak cangggung menghadapi tugas dalam pekerjaan. Karena mereka punya keterampilan yang sudah kita bekali. Tapi idealnya para mahasiswa dan alumni kita itu nantinya harus mampu dan siap menciptakan lapangan usaha baru secara mandiri,” ujarnya, ketika ditemui pada hari kedua kegiatan pelatihan, Rabu (21/08/2024. Menurutnya, sebetulnya ada 149 total mahasiswa pendaftar pelatihan. “Tapi alhamdulillah yang hadir lebih dari 100 orang,” tandasnya.


Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Dr. H. Amirudin, M.Pd (tengah-kanan berbatik), Ketua Tim Digital Entrepreneurship Academy, Vidyantina Heppy Anandhita, S.T., M.T., dan Kepala Puslitbang SDPPPI, Dr. Nusirwan, S.Ag, M.Si., usai membuka Pelatihan Digital Dasar Batch 8, di Auditorium Lantai 4 Gedung H. Opon Sopandji, Unsika, Jl. HS. Ronggowaluyo, Telukjambe Timur, Karawang, Selasa (20/08/2024). (Foto: Humas-Unsika).

Di hari pertama pembukaan kegiatan, Ketua Tim Digital Entrepreneurship Academy, Vidyantina Heppy Anandhita, S.T., M.T., menyampaikan bahwa Kegiatan ini diselenggarakan berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2021 dan DIPA Puslitbang SDPPPI untuk Tahun Anggaran 2024.

Pelatihan berlangsung secara offline di Universitas Singaperbangsa Karawang selama dua hari penuh, dengan total 13 jam pelajaran. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman dasar tentang kewirausahaan dan pemasaran digital. Narasumber menekankan bahwa pelatihan ini dirancang agar peserta tidak hanya memahami konsep-konsep tersebut, tetapi juga dapat merencanakan bisnis mereka serta mengelola konten di media sosial dan menggunakan Google Profil Bisnis untuk mendukung pengembangan usaha mereka," jelas Vidyantina.

Sementara itu, Kepala Puslitbang SDPPPI, Dr. Nusirwan, S.Ag, M.Si., menyampaikan pentingnya akselerasi transformasi digital di Indonesia. "Kami percaya bahwa transformasi digital adalah kunci untuk memaksimalkan potensi bonus demografi. Program ini bertujuan untuk mencetak digital entrepreneur yang mampu berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja di era digital," jelas Dr. Nusirwan.

Sedianya, pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pembukaan di Auditorium Lantai 4 Gedung H, diikuti dengan sesi pelatihan intensif di Ruangan Kelas Fakultas Agama Islam UNSIKA.  Materi hari pertama mencakup Digital Benchmarking, Memaksimalkan Pemasaran Digital, dan Optimasi SEO Lewat Konten. Pada hari kedua, fokus pelatihan meliputi Beriklan di Meta dan TikTok, Mengenal Analytics, serta Mengukur Efektivitas Kampanye Iklan. (HUMAS-UNSIKA)***