Unsika Tingkatkan IKU 3 Dosen Berkegiatan Di Luar Kampus Pada Universitas Bangka Belitung

  • Post author:
  • Post category:Berita / Kegiatan
  • Reading time:3 mins read

Senin, 15 November 2021
Unsika melaksanakan giat untuk meningkatkan IKU 3 berdasarkan kegiatan yang dilakukan, acara ini melibatkan Rektor, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan, dan Dosen Unsika. Acara ini dilaksanakan di Universitas Bangka Belitung dengan acara Rector’s Speech yang bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan berdiskusi mengenai kerjasama dalam rangka memenuhi IKU Perguruan Tinggi yang khususnya pada IKU 3 serta berbagi pengalaman terkait pengelolaan perguruan tinggi.

Kegiatan ini merupakan kunjungan kerja yang bertujuan untuk menindaklanjuti kerjasama dan kesepahaman antara Universitas Singaperbangsa Karawang dan Universitas Bangka Belitung tentang Tridharma Perguruan Tinggi dimana para pihak bersepakat dan setuju untuk melakukan kerjasama berlandaskan prinsip terhadap kemitraan dan saling memberikan manfaat untuk dan atas nama Perguruan Tinggi dan Fungsi Kelembagaan, mengembagkan karakter bangsa, serta mendukung kerangka pelaksanaan merdeka belajar dan kampus belajar.

Selain itu, Civitas yang terlibat khususnya perwakilan dari masing-masing unit kerja fakultas bertugas sebagai narasumber dengan tema yang dibahas pada kegiatan perkuliahan, kuliah umum, insight, FGD, Seminar, dan Workhsop dengan melibatkan beberapa dosen dari unit kerja fakultas. Setiap fakultas seperti Unit Kerja Fakultas Teknik membahas mengenai Pengembangan, Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui MBKM, kuliah umum mengenai sistem manufaktur. Unit kerja UPT TIK melakukan kegiatan focus group discussion terhadap Penguatan Integrasi Sistem Informasi dalam Menunjang Pelaporan Kinerja Universitas. Unit Kerja Fakultas Ekonomi membahas mengenai Strategi Pencapaian Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi, Implementasi MBKM dalam pengembangan keilmuan, dan Implementasi MBKM terhadap pengembangan ilmu pada fokus studi diruang lingkup FE serta melaksanakan kegiatan focus group discussion dan Kuliah Umum. Unit Kerja Fakultas Pertanian melakukan kegiatan kuliah umum dengan membahas Pengendalian Alih Fungsi Lahan Sawah Berigasi Sebagai Salah Satu Upaya Mempertahankan Pertanian Berkelanjutan. Unit Kerja Fakultas Hukum juga melakukan kegiatan kuliah umum dan materi seperti Hubungan Hukum Dari Masyarakat, Kepempinan Pendidikan,Kiat menulis Artikel Ilmiah. Serta Sastra Inggris melakukan FGD MBKM Serta unit kerja yang terakhir yaitu FISIP melakukan kegiatan focus group discussion dengan mengangkat topik terhadap Strategi Peningkatan Akreditasi Program Studi khususnya di Ilmu Politik dan Penguatan Kerjasama Universitas di Bidang Pendidikan dan Penelitian.

Kegiatan ini tujuan utamanya adalah untuk saling bekerjasama dalam rangka memenuhi IKU 3 dan berbagi pengalaman terkait pengelolaan perguruan tinggi. Sri Mulyani mengungkapkan “Kegiatan ini bertujuan untuk menindaklanjuti terhadap IKU 3, Perjanjian Kerja Sama (PKS), Pelaksanaan IKU 5 tentang rekognisi, serta bertujuan untuk memberikan pengalaman terkait pengelolaan perguruan tinggi terutama dalam melibatkan berbagai macam Perguruan Tinggi di Indonesia dan dihadiri oleh para dosen”. Sri Mulyani juga menceritakan bahwa program terpadu HIPKA (Hibah Prioritas Unsika) yang mengintegrasikan penelitian dosen, pengabdian, dan KKN mahasiswa sehingga dapat menjadikan dasar terhadap IKU 5 Unsika menjadi nilai tertinggi pada liga satker (satuan kerja) tahun 2021

Tinggalkan Balasan