Tingkatkan Internasionalisasi, UNSIKA jaring Mahasiswa Asing

Universitas Singaperbangsa Karawang menjadi perguruan tinggi di Indonesia khususnya di Kabupaten Karawang yang membuka seleksi penerimaan mahasiswa asing. Program ini merupakan sebuah program sarjana bagi mahasiswa asing yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di Indonesia. Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar pada program tersebut. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan internasionalisasi pada Unsika.

Program seleksi mahasiswa asing diluncurkan pada tanggal 15 April 2021 dan diberi nama International Undergraduate Program. Pendaftaran dibuka pada tanggal 29 April 2021 – 24 Juni 2021. Informasi seleksi dapat diketahui melalui Kedutaan Indonesia di berbagai negara dan Kedutaan negara – negara asing di Indonesia. Seleksi administrasi dan wawancara dilakukan untuk menjaring para mahasiswa tersebut. Proses seleksi administrasi sudah dilakukan pada tanggal 5 Juli 2021 lalu dan seleksi wawancara dilakukan pada tanggal 16, 19 dan 30 Juli 2021.

 Unsika menargetkan 18 orang mahasiswa asing untuk berkuliah di 9 program studi melalui seleksi International Undergraduate Program. Menurut Lubis sebagai Ketua Panitia penerimaan mahasiswa asing di Unsika, tercatat sebanyak 52 mahasiswa asing  dari berbagai negara seperti Thailand, Filipina, Sri Lanka, Pakistan, Usbekistan, Tajikistan, Kazakhstan, Mesir, Afghanistan, Yaman, Peru, Bangladesh, India dan Uganda yang mendaftar pada program ini. Namun hingga saat ini sudah ada 13 mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi International Undergraduate Program. 13 mahasiswa tersebut berasal dari 6 negara yaitu Tajikistan, Usbekistan, Kazakhstan, Sri Lanka, India dan Pakistan.

Tinggalkan Balasan