You are currently viewing Pengukuhan Guru Besar Pertama di Universitas Singaperbangsa Karawang

Pengukuhan Guru Besar Pertama di Universitas Singaperbangsa Karawang

  • Post author:
  • Post category:Berita
  • Reading time:4 mins read

Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang, Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA., ASEAN CPA. secara resmi mengukuhkan Prof. Dr. Aslan Noor, S.H., M.H., Sp1. sebagai Guru Besar Ilmu Hukum pada Sidang Senat Terbuka yang diselenggarakan di Aula Universitas Singaperbangsa Karawang pada hari Rabu (09/11/2022).

Kegiatan Pengukuhan Guru Besar ini dihadiri Ketua dan Sekretaris Senat UNSIKA, Rektor UNSIKA, Bapak/Ibu Rektor dari beberapa Universitas di Provinsi Jawa Barat, Bapak/Ibu Wakil Rektor UNSIKA, Bapak/Ibu Dekan Fakultas, Bapak/Ibu Dosen UNSIKA, Keluarga Besar Prof. Dr. Aslan Noor, dan juga segenap tamu undangan.

Dr. Dayat Hidayat, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Senat UNSIKA membuka Kegiatan Pengukuhan Guru Besar menyampaikan semoga dengan dikukuhkannya Prof. Dr. Aslan Noor sebagai Guru Besar Ilmu Hukum akan semakin meningkatkan peran dan fungsi UNSIKA sebagai Perguruan Tinggi yang sedang giat-giatnya meningkatkan prestasi di berbagai bidang. Selain itu, menjadi seorang Guru Besar bukanlah akhir dari pencapaian karir sebagai dosen, tetapi justru menjadikan gelar ini sebagai motivasi yang sekaligus menjadi inspirasi baru guna melahirkan karya-karya yang lebih brilian dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Sekali lagi, saya ucapkan selamat kepada Prof. Dr. Aslan Noor, atas pencapaiannya sebagai Guru Besar Ilmu Hukum di Universitas Singaperbangsa Karawang”, pungkas Dr. Dayat Hidayat, S.Pd., M.Pd.

Melalui Sambutannya, Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang, Prof. Dr. Sri Mulyani menyampaikan rasa syukur dan selamat kepada Prof. Dr. Aslan Noor yang telah dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Hukum. Beliau pun berharap bahwa dengan Pengukuhan Guru Besar ini, nantinya akan lahir Guru Besar lainnya dari masing-masing Fakultas di UNSIKA.

“Perlu diketahui bersama bahwa Prof. Dr. Aslan Noor adalah Guru Besar pertama di Universitas Singaperbangsa Karawang, tentu bukanlah hal mudah dalam meraih prestasi sebagai Guru Besar. Dikesempatan yang berbahagia ini, saya juga ingin memotivasi kepada Bapak/Ibu Dosen sekalian untuk terus berkontribusi menciptakan penelitian yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat”, pungkas Prof. Dr. Sri Mulyani.

Dikesempatan yang berbahagia ini, Prof. Dr. Aslan Noor juga menyampaikan Orasi Ilmiahnya yang berjudul “Peranan Strategis Negara dalam Mewujudkan Pola Hubungan Hukum antara Tanah dan Masyarakat yang Berkeadilan ditinjau dari Ajaran Negara Hukum Kesejahteraan”. Di dalam Orasi Ilmiahnya juga beliau merekomendasikan beberapa hal yakni merekomendasikan dibentuknya peradilan tanah adhoc, dibentuknya mekanisme peradilan tanah, dan perlu diciptakannya hak-hak yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pengusaha dan pemerintah yang berkeadilan dalam bentuk Hak Milik, Hak Pakai dan Hak Pengelolaan untuk menghindari kasus-kasus tanah seperti mafia tanah, sengketa, konflik dan perkara pertanahan.

“Selain menyampaikan Orasi Ilmiah, tak lupa saya juga ingin mengucapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih banyak kepada Keluarga Besar saya, Bapak Ketua dan Sekretaris Senat, Ibu Rektor, Bapak/Ibu Dekan Fakultas, tentunya Bapak/Ibu Dosen Fakultas Hukum dan juga rekan-rekan kolega saya yang semua berjasa dalam membantu saya dalam meraih gelar Guru Besar yang tidak bisa saya sebut satu persatu. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas dukungannya selama ini”, pungkas Prof. Dr. Aslan Noor. Penulis: Muhamad Imam Sobari

Leave a Reply