Luar Biasa!! Unsika Raih 2 Penghargaan Bergengsi Menjadi Ranking 3 Nasional dan Penghargaan Keunggulan IKU 5 pada Liga PTN SATKER

Kamis, 14 Oktober 2021
Unsika mendapatkan 2 penghargaan bergengsi di lingkungan perguruan tinggi negeri (PTN) terutama untuk kategori LIGA PTN SATKER yaitu (1) Ranking ke-3 Nasional dengan posisi tinggi untuk Liga PTN SATKER; (2) Penghargaan keunggulan IKU PTN SATKER untuk IKU 5.

Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 135/K/KPT/2021 tentang PENGHARGAAN CAPAIAN INDIKATOR KINERJA UTAMA PERGURUAN TINGGI
NEGERI Dl LINGKUNGAN DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI, RISET, DAN TEKNOLOGI TAHUN 2020/2021.

Seperti yang diketahui berdasarkan keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan no 3/M/2021 ditetapkan 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) bagi perguruan tinggi maka dalam rangka pengukuran kinerja utama bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih konkret, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan
Teknologi telah menyelenggarakan pengukuran Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri tahun 2020/2021.

Adapun pengukuran capaian terdiri atas beberapa kategori yaitu;
a. IKU Liga PTN-BH;
b. IKU Liga PTN-BLU;
c. IKU Liga PTN Satker;
d. IKU Liga PTN Satker Kelompok PTN Seniā€¢
e. Penghargaan Keunggulan IKU PTN-BH;
f. Penghargaan Keunggulan IKU PTN-BLU; dan
g. Penghargaan Keunggulan IKU PTN Satker.

Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) beralih status dari PTS ke PTN semenjak 2014 menjadikan status Unsika sebagai Perguruan Tinggi Negeri Baru dengan kategori SATKER. Maka dari itu di dalam pengukuran capaian indikator 2020/2021 yang ditetapkan unsika menjadi salah satu PTN yang berada dalam IKU Liga PTN SATKER.

Berdasarkan surat keputusan penghargaan capaian IKU tahun 2020/2021 UNSIKA berhasil meraih 2 penghargaan capaian yaitu Ranking ke-3 Nasional diantara untuk Liga PTN SATKER dengan Poin Pencapaian 40 dan Poin Pertumbuhan 289 menempatkan Unsika Berada dalam Kategori posisi tinggi 10% seperti Institut Teknologi Kalimantan (Ranking 1) dan Universitas Negeri Manado (Ranking 2).

Selain itu, Unsika juga berhasil meraih penghargaan keunggulan IKU PTN SATKER untuk IKU 5 yaitu Hasil Kinerja Dosen yang digunakan oleh masyarakat maupun mendapatkan rekognisi internasional dengan capaian 289%.

Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., ACPA., CA selaku Rektor unsika mengungkapkan rasa haru dan syukur atas pencapaian luar biasa yang dihasilkan Unsika dalam capaian IKU ini, selama 7th unsika menjadi PTN baru kali ini di tahun 2020/2021 dapat menjadi ranking ke-3 nasional dalam liga IKU PTN Satker dari 71 PTN Satker lainnya.

“Terima Kasih kepada seluruh civitas akademika unsika atas kerjasamanya, kontribusinha dan kelelahannya. Semua terbalas dengan capaian kinerja unsika, Insyallah menjadi Amal Jariah” Ucap Prof. Sri. Beliau juga berharap untuk tahun depan tugas kita bersama untuk menjaga performa unsika mengingat Tahun 2021 ini Unsika sudah beralih status dari SATKER menjadi BLU, sehingga seluruh civitas diharapkan tidak kendor menjalankan amanah masing-masing, tetap berinovasi dan berkarya dalam membangun pendidikan tinggi yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan