UNSIKA Bangun Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Kontributor: Faizal Arifin

 

Universitas Singaperbangsa Karawang pada Rabu (17/6/20) menggelar acara silaturahmi dan rapat kerja untuk meningkatkan koordinasi pelaksanaan program dan kegiatan bersama Badan Pemeriksa  Keuangan (BPK) RI. Kegiatan bertema “Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)” diisi oleh narasumber Najmatuzzahrah, M.H., CA., CFE., CFrA. (Cand. Dr), Direktur Auditorat Investigasi Keuangan Daerah BPK RI.

 

Rektor Unsika menyerahkan cinderamata untuk narasumber BPK RI
Rektor Unsika menyerahkan cinderamata untuk narasumber BPK RI

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen UNSIKA terhadap perubahan perilaku dalam tata kelola organisasi serta mewujudkan Good Governance University,” ungkap Rektor Unsika Prof. Dr. Sri Mulyani, AK., CA., sekaligus membuka acara. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya perwujudan Good Governance University yang disosialisasikan bukan hanya kepada pimpinan, tetapi juga pada level organisasi terbawah yaitu Staf Tenaga Kependidikan. “Kami siap bersama bu Rektor, mengikuti instruksi dan arahan untuk Unsika lebih baik,” ungkap salah satu tendik (peserta) menanggapi program tersebut. Sebagai informasi, pada level pimpinan sebanyak 50 pejabat Unsika sebelumnya pada hari Senin (15/6/20) sudah melaksanakan Pakta Integritas dan Kontrak Kinerja yang disaksikan perwakilan setiap lembaga, senat universitas, biro, fakultas, dan organisasi kemahasiswaan (Ormawa), juga Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEMU).

Kegiatan bersama BPK RI ini dilatarbelakangi oleh komitmen Unsika sebagai PTN yang berada di bawah Kemendikbud, untuk melaksanakan Peraturan MenPAN-RB Nomor 10 tahun 2019 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah. 

Najmatuzzahrah, dari BPK RI, sekaligus narasumber mengapresiasi komitmen Rektor yang memprioritaskan pembangunan Zona Integritas (ZI). Selanjutnya dalam pemaparan disampaikan bahwa untuk menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Unsika harus melaksanakan manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja.

 

Pemaparan materi serta ajakan berkomitmen dari narasumber BPK RI kepada seluruh peserta

Poin penting selanjutnya yang disampaikan narasumber sekaligus kandidat doktor di Unpad ini, adalah pentingnya manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik jika Unsika menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

 

Narasumber BPK RI, Rektor Unsika, serta Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan

“Pengarahan (BPK RI, red) tentang Zona Integritas, WBK dan WBBM akan kami jadikan dasar dan pegangan di setiap langkah kami dalam berkarya di Universitas Singaperbangsa Karawang,” diungkapkan oleh Dr. Hartelina, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan.

Sumber:
Pemaparan BPK RI tentang Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)

Silaturahmi dan Rapat Kerja Unsika, 17 Juni 2020

Pikiran Rakyat, 18 Juni 2020, Lima Puluh Pejabat Unsika Tandatangani Fakta Integritas Anti KKN

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Back to Top