(Data diolah berdasarkan http://sinta.ristekbrin.go.id/ pada 6 Juni 2020)

Siapa 10 Besar Peringkat Sinta di Unsika?

Kontributor: Faizal Arifin

 

Sinta (Science and Technology Index) adalah portal referensi penelitian yang diinisiasi oleh Kemenristekdikti tahun 2016 dan kini berada di bawah Kemenristek/BRIN. Sinta memberikan tolok ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, untuk menganalisis tren penelitian dan direktori ahli. Sistem informasi penelitian berbasis web ini menawarkan akses cepat, mudah dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, lembaga dan jurnal di Indonesia.

Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai salah satu satu PTN, memiliki indikator kinerja penelitian dari para civitas academica. Berdasarkan indikator penelitian Sinta, Unsika menempati peringkat ke-1 di regional Karawang. Pada level provinsi berada pada peringkat 17 dari 53 Perguruan Tinggi di Jawa Barat, berdasarkan data yang dihimpun LPPM Unsika berdasarkan Sinta. 

Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian Unsika, Rektor Unsika periode 2020-2024, Prof. Dr. Sri Mulyani, AK., CA., memiliki program unggulan yaitu Hibah Prioritas Unsika (HIPKA). Program HIPKA mencakup penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Hak Kekayaan Intelektual (HKI) serta Desain Kurikulum Kampus Merdeka. Diharapkan dengan program ini, terjadi peningkatan kinerja peneliti yang signifikan di Unsika. Sebagai starting point setelah program HIPKA dimulai, dalam waktu singkat ranking level provinsi Unsika naik cukup signifikan dari ranking 24 ke ranking 17. Berikut merupakan capaian dari sepuluh peneliti terbaik untuk Sinta afiliasi Unsika, yang dihitung berdasarkan produktivitas penelitian terindeks selama tiga tahun terakhir.

 

(Data diolah berdasarkan http://sinta.ristekbrin.go.id/ pada 6 Juni 2020)
(Data diolah berdasarkan http://sinta.ristekbrin.go.id/ pada 6 Juni 2020)

Dari sepuluh peringkat teratas, tampak FASILKOM mendominasi dengan jumlah tiga dosen, disusul oleh Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik sejumlah dua dosen. Sedangkan FKIP, Fakultas Agama Islam dan Fakultas Pertanian, masing-masing satu orang dosen. 

Selamat kepada Bapak/Ibu yang masuk sepuluh besar! Terus tingkatkan prestasinya!

 

Sumber:
LPPM Unsika
http://sinta.ristekbrin.go.id/affiliations/detail?id=527&view=authors
http://sinta.ristekbrin.go.id/ 

 

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ajat Rukajat

Awal yang bagus untuk kebangkitan UNSIKA bidang literasi di bawah Kepemimpinan Ibu Rektor yang baru (Prof.Dr..Sri Mulyani, Ak.,CA), Bravo UNSIKA!

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Back to Top