Pelaksanaan UTBK 2020, UNSIKA Kerjasama dengan Pemkab Karawang

Kontributor: Faizal Arifin

Universitas Singaperbangsa Karawang telah dua hari melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang. Kerjasama tersebut diantaranya adalah diikutsertakannya bantuan medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang,  tim Kalacak (Kesatuan Layanan Cepat Kegawatdaruratan) 119, dan Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang. Sedangkan dari internal UNSIKA, telah dibentuk tim medis dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES).

Disediakan Posko Kesehatan bagi pelaksanaan UTBK tahun 2020. Posko kesehatan terdiri dari tim medis dari internal UNSIKA serta terdapat 1 dokter dan 5 perawat dari Pemkab. Karawang dibawah koordinasi dr. Eneng. Selain bantuan tenaga medis, Pemkab. Karawang menyediakan 10 alat rapid test per hari. Beberapa hari sebelum pelaksanaan ujian, Bupati serta Sekretaris Daerah Kab. Karawang juga melakukan kunjungan untuk memastikan kesiapan UTBK di UNSIKA.

Tim Medis dari UNSIKA dan Pemkab. Karawang

“Disediakan 10 alat rapid test untuk peserta dengan indikasi demam suhu di atas 37,5°C dengan gejala flu dan batuk,” ujar Hainun Nursandi, salah satu tim medis UNSIKA. “Bagi yang terindikasi gejala, akan dilakukan juga pengecekan riwayat perjalanan pada daerah yang terdampak covid-19,” ucap Astri Nurdiana, salah satu tim medis UNSIKA. 

Ketua Pusat UTBK UNSIKA, Dr. Sulistyo Sidik Purnomo memaparkan, “Terpantau selama dua hari, Alhamdulillah, belum ada alat rapid-test yang digunakan sehingga tidak ada yang terindikasi (gejala) covid-19. Semoga tidak ada seterusnya.”

Pelaksanaan ujian yang menjadi agenda nasional dibawah koordinasi LTMPT, terpantau sesuai dengan protokol kesehatan dan dilakukan standar yang ketat. Bukan hanya peserta UTBK, semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan UTBK seperti panitia, pengawas, petugas keamanan dan kebersihan, juga menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. “Semua petugas, termasuk petugas non medis, sudah di-briefing untuk mematuhi aturan kesehatan (protokol Covid-19),” ucap Salman, petugas medis.

Evaluasi Panitia Pusat UTBK UNSIKA
Briefing dari Tim Medis kepada Petugas Keamanan
Pembersihan Komputer di ruang UTBK pada Setiap Sesi
Pembersihan Pegangan Tangga di Gedung UTBK

“Setiap hari dilakukan pembersihan dan penyemprotan desinfektan pada gedung, kelas, sampai  (pembersihan) komputer yang digunakan bergantian,” ucap H. Rudy M. Setiadi, sekretaris Panitia Pusat UTBK UNSIKA.

“Selama dua hari (5-6 Juli 2020) yang terbagi dalam empat sesi, total peserta yang hadir mengikuti UTBK berjumlah 1.078 dengan persentase kehadiran di atas 98%,” ucap Isak Utama, Koordinator Pelaksana Panitia Pusat UTBK UNSIKA. Selanjutnya UNSIKA akan melaksanakan UTBK sampai 7-14 Juli 2020 pada gelombang pertama, serta 20-23 Juli 2020 pada gelombang kedua.


Sumber:

  • Dokumen Protokol Pelaksanaan Tugas Panitia Pusat UTBK PTN dalam Kondisi Pandemi Covid-19
  • Laporan Pelaksanaan UTBK Unsika 5-6 Juli 2020
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Nikken putri

Maaf ka, mau tanya untuk panitia UTBK unsika ada kontak yang bisa dihubungin ngga? soalnya ada berkas saya yang tertinggal isinya formulir pendaftaran, SKS, SKL, sama KTP atas nama Nikken Putri Qur’ani.

administrator

Hai Nikken,
Silahkan datang langsung ke pelayanan terpandu (pandu) UNSIKA di gedung utama (H. Opon Sopandji) ya
Terima kasih

2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
Back to Top