CAPACITY BUILDING BAGI CIVITAS AKADEMIKA DAN TENDIK UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG: “Menuju Universitas Singaperbangsa Karawang yang Inovatif, Kompetitif dan Unggul”

Universitas Singaperbangsa Karawang menyelenggarakan Capacity Building bagi Civitas Akademika dan Tendik pada lingkungan UNSIKA pada tanggal 29-30 Maret 2021. Kegiatan ini mengambil Tema “Menuju Universitas Singaperbangsa Karawang yang Inovatif, Kompetitif dan Unggul”.  Hadir sebagai narasumber adalah Rektor Institut Pertanian Bogor, Prof. Arif Satria, S.P., M.Si,. yang membawakan Tema Strategi Meraih Perguruan Tinggi yang Inovatif, Kompetititf dan unggul. Pemateri kedua Syaiful Rachman Soenaria, SE., MT., Ak. yang membawakan Tema: Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Inovatif, Kompetitif, dan Unggul. Sedangkan Pemateri ketiga menampilkan Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Eden Gunawan, MM. dengan Tema: Menumbuhkan Jiwa Bela Negara untuk UNSIKA yang Inovatif, Kompetitif dan Unggul.

Tujuan kegiatan ini adalah membangkitkan kesadaran para civitas akademika dan tendik UNSIKA dalam rangka menyonsong era baru revolusi industri 4.0.

Dalam paparannya Prof. Arif Satria menyampaikan bahwa lingkungan persaingan perguruan tinggi saat ini mengalami pergeseran, dari persaingan antar sesama perguruan tinggi menjadi persaingan dunia lain seperti google. Hal ini terjadi di semua sector bisnis maupun pendidikan. Lebih lanjut Prof Arief Satria menyampaikan bahwa untuk menghadapi era persaingan baru diperlukan sosok individu dan institusi yang memiliki Growth Mindset, bukan fixed mindset.  Selain itu juga diperlukan paradigm baru tentang bagaimana meraih kemajuan dan menjadi yang terbaik melalui future practice, bukan bestpractice. Artinya kita tidak boleh hanya jadi pengikut  dengan melihat dan belajar dari bestpractice tetapi harus berani menentukan masa depan sendiri melalui future practice, melalui kreativitas, berfikir inovatif untuk menjadi yang terbaik.

Syaiful Rachman Soenaria, SE., MT., Ak.

Sedangkan pemateri kedua Syaiful Rachman Soenaria, SE., MT., Ak. yang membawakan Tema: Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Inovatif, Kompetitif, dan Unggul, menguraikan tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan bagaimana menjadi pengikut yang baik. Dua istilah ini sama-sama diperlukan untuk menjadi institusi dan pribadi yang unggul. Selain kepemimpinan pemateri juga menguraikan bagaimana foktor kolaborasi menjadi sangat penting ketimbang kompetisi.

Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Eden Gunawan, MM

Pada sesi ketiga yang menampilkan pemateri Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Eden Gunawan, MM. dengan Tema: Menumbuhkan Jiwa Bela Negara untuk UNSIKA yang Inovatif, Kompetitif dan Unggul. Dalam paparannya pemateri menguraikan pentingya mencintai Negara sendiri. Segagai mahasiswa tingkatkan kemampuan pada bidang masing-masing, kemudian menggunakan kemampuan tersebut untuk membela Negara dan bangsa dari berbagai ancaman. Bela Negara juga membutuhkan inovasi mengingat situasi lingkungan strategis juga berubah di era industri 4.0.