You are currently viewing BEM Fakultas Pertanian Unsika Mendapat Penghargaan Abdidaya 2021 sebagai Ormawa Terbaik.

BEM Fakultas Pertanian Unsika Mendapat Penghargaan Abdidaya 2021 sebagai Ormawa Terbaik.

Tim Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Singaperbangsa Karawang memberikan hadiah istimewa di penghujung tahun. Melalui program yang berjudul “Peningkatan Keanekaragaman Hayati pada Lahan Padi Sawah melalui Pertanian Tekno-ekologis dalam Upaya Pembentukan Edu-Agrowisata di Desa Lemahmulya Kabupaten Karawang”, tim ini berhasil mendapatkan juara pertama kategori Organisasi Kemahasiswaan pada Abdidaya 2021.

Abdidaya merupakan ajang apresiasi sebagai puncak pelaksanaan program-program pengabdian dan pemberdayaan desa seperti PHP2D, Wira Desa, dan P3D. Abdidaya sendiri diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), serta Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Abdidaya 2021 ini diikuti oleh 113 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dengan total 240 tim yang dibagi dalam 6 skema dan 4 kategori, berupa kategori Organisasi Kemahasiswaan, Dosen Pendamping, Lembaga Mitra Desa, dan Support System. Dari 40 nominator kategori Organisasi Kemahasiswaan, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsika menjadi pemenang dalam program Abdidaya tahun 2021. Tim BEM Fakultas Pertanian Unsika menerima penghargaan atas program pemberdayaan yang mengangkat konsep Edu-Agrowisata yang berbasis Tekno-ekologis.

Fikri Zainul Hilmi, selaku Ketua Tim PHP2D BEM Fakultas Pertanian Unsika mengatakan bahwa prestasi ini dapat diraih karena kerja keras yang dilakukan bersama-sama. “Banyak perjuangan yang telah kami lakukan untuk sampai pada tahap ini. Semangat merupakan motivasi awal bagi kami agar terus optimis melaksanakan program ini demi kemajuan desa”, ujar Fikri, Rabu (08/12/2021).

Rektor serta Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Pertanian turut mengucapkan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang telah ditorehkan. Wujud tindakan yang wajib dilaksanakan dalam menjadi seorang mahasiswa adalah pengaplikasian dan pengabdian.

“Saya sangat bangga terhadap pencapaian tim BEM Faperta. Penghargaan ini dicapai dari hasil kerja keras mahasiswa dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat melalui PHP2D”, ujar Winda Rianti, S.P., M.Sc., selaku dosen pendamping tim PHP2D, Rabu (08/12/2021). Ia juga berharap penghargaan ini dapat memberi motivasi kepada mahasiswa Fakultas Pertanian pada khususnya dan Unsika pada umumnya, agar terus berprestasi baik secara nasional maupun internasional.

Tidak hanya itu, program Edu-Agrowisata di Desa Lemahmulya nantinya dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang mengedukasi siswa-siswi sekolah dasar yang ada di sekitar desa. Lemahmulya Park akan terus dikembangkan dan memperluas kemitraan pada lembaga manapun yang senantiasa mendukung keberlanjutan program.

Tinggalkan Balasan