Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Singaperbangsa Karawang (FT-Unsika) mulai diselenggarakan sejak tahun 1995 dengan 1 (satu) jurusan/program studi, yaitu Program Studi Teknik Industri (Jenjang S1), yang mendapatkan status “Terdaftar” dari Dirjen Dikti dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 36/DIKTI/Kep/1996 tertanggal 5 Pebruari 1996. Pada tahun 2002, Prodi Teknik Industri FT-Unsika mendapatkan status “Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) No.015/BAN-PT/Ak-V/S1/VIII/2002 tertanggal 5 Agustus 2002.

Pada tahun 1998 Fakultas Teknik Unsika kembali membuka 1 (satu) program studi baru, yaitu Program Studi Teknik Mesin (Diploma III), yang mendapatkan izin pendirian dengan Nomor 33/DIKTI/Kep/1998, selanjutnya pada tahun 2002 program D3 Mesin mendapatkan, status “Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) No.015/BAN-PT/Ak-V/S1/VIII/2002 tertanggal 5 Agustus 2002.

Menyusul tingginya permintaan terhadap ahli keteknikan terutama yang berkaitan dengan sektor permesinan akhirnya pada tahun 2008 Fakultas Teknik kembali membuka program studi S-1 Teknik Mesin dengan ketetapan surat izin operasional Nomor : 2007/D/T/2008 tertanggal 25 Juni 2008.

A.  Visi

Terwujudnya Fakultas Teknik Sebagai Institusi Yang Berdaya Saing Tinggi Dibidang Keteknikan, Pusat Pendidikan Dan Kajian Ilmu Keteknikan Yang Unggul Serta Terjalinnya Sinergi Institusional Yang Proaktif

 

B.  Misi :

  1. Meningkatkan dan menyelenggarakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang keteknikan secara efektif dan efisien.
  2. Mengembangkan dan menerapkan Iptek dalam lingkup keteknikan untuk menunjang pembangunan nasional dengan mempertimbangkan perubahan sosial, ekonomi dan teknologi secara terus menerus.
  3. Membangun suasana keilmuan dan masyarakat intelektual dalam berbagai aspek keteknikan.
  4. Membangun sistem sinergi institusional pada internal fakultas dan universitas serta dengan institusi lingkungan eksternal baik institusi pendidikan, pemerintahan, maupun  institusi masyarakat  lainya

 

C. Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik tinggi, berperilaku luhur dan berjiwa wirausaha.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualifikasi sebagai berikut:
    1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi.
    2. Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta dinamika perubahan sosial dan kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang keteknikan.
    3. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan pengetahuan serta metodologi keteknikan sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah keteknikan. Serta  mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan serta berjiwa wirausaha
    4. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang keteknikan.
  3. Memadukan IPTEK hasil penelitian dengan program pendidikan keteknikan di lingkungan Fakultas Teknik
  4. Menerapkan IPTEK  bidang keteknikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, sosial budaya maupun ekonomi
  5. Mendirikan pusat tenaga-tenaga yang profesional, pusat penelitian dan pengembangan bidang-bidang ilmu yang berkaitan dengan keahlian keteknikan.
  6. Mewujudkan kerjasama lintas fakultas dan lintas institusional dalam rangka melaksanakan tri darma perguruan tinggi.

 

D. Program Studi

1. Program Studi Teknik Industri

Visi :

Menjadi Program Studi Teknik Industri yang berdaya saing di tingkat nasional tahun 2016

Misi :

  1. Melaksanakan pendidikan tinggi yang mendukung kemajuan dan perkembangan sains dan teknologi, terutama di bidang teknik industri.
  2. Mengembangkan kemampuan penelitian untuk memecahkan permasalahan melalui penguasaan sistem integral dalam merancang, mengimplementasikan, mengevaluasi, dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan keteknik-industrian.
  3. Mengaplikasikan hasil-hasil penelitian keteknik-industrian dalam mendukung peningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.

2. Program Studi Teknik Mesin - D3

Visi :

Menjadikan Program  Diploma III  Teknik Mesin berkualitas sehingga menghasilkan Ahli Madya Teknik Mesin yang Professional dan mampu melaksanakan Tugasnya dalam bidang Teknologi untuk kepentingan masyarakat dan bangsa

Misi :

  1. Menyiapkan Peserta Didik menjadi Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti Luhur, berkepribadian mantap dan mandiri serta mempunyai rasa tanggung jawab kepada masyarakat dan bangsa.
  2. Menyiapkan Peserta Didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki keahlian dan ketrampilan dalam bidang Teknik Mesin yang disesuaikan dengan Tuntutan kemajuan di bidang Teknologi.
  3. Menyiapkan Peserta Didik menjadi Tenaga Ahli dan mampu berkarya sesuai bidangnya serta dapat menyumbangkan darma baktinya untuk kepentingan masyarakat.

3. Program Studi Teknik Mesin - S1

Visi :

Menjadi Program studi yang mampu menghasilkan lulusan berkualitas di bidang Teknik Mesin untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat yang bersaing ditingkat nasional tahun 2018.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Teknik Mesin, yang berkualitas sesuai dengan perkembangan industri di Indonesia, yang didukung oleh kurikulum yang berbasis industri, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana yang berkualitas.
  2. Mendidik peserta didik sehingga memiliki wawasan yang berdasarkan pada sains dan teknologi yang mengarah pada terbentuknya jiwa inovatif dan profesional dalam menopang pembangunan nasional secara global.
  3. Merealisasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang ilmu Teknik Mesin yang mendukung peningkatkan dunia industri dan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan.